Breaking News :

Bahaya Menggunakan Kaki Keyboard Anda

Kebanyakan dari Anda pasti sudah sering melihat keyboard komputer dengan kaki sehingga membuatnya dapat berdiri miring. Tapi pernahkan Anda mempertanyakan tujuan sebenarnya dari itu? Apakah sebaiknya kaki itu didirikan atau tidak? Ternyata lebih baik itu tidak diberdirikan. Berikut penjelasannya.

KAKI KEYBOARD KOMPUTER

kaki keyboard

Ya, yang kita bicarakan di sini adalah mengenai kaki keyboard komputer yang jika diberdirikan maka akan membuat keyboard komputer tersebut sedikit miring (tidak tiduran lagi). Kaki keyboard sendiri telah ada sejak di awal tahun 80-an. Ada juga ketentuan bahwa kaki keyboard tersebut harus dapat diatur ketinggiannya, hal ini disebabkan karena beberapa orang terbiasa untuk mengetik dengan mesin ketik (pada zaman itu).

Tapi tahukah Anda tujuan sebenarnya mengapa kaki itu sekarang masih dibuat? Beberapa orang mungkin akan mengatakan kaki itu dibuat hanya untuk membuat posisi penggunaan lebih enak. Tapi ternyata tujuan sebenarnya bukan itu, tujuan sebenarnya adalah agar penggunanya lebih mudah untuk melihat huruf-huruf yang ada di keyboard tersebut.

JANGAN GUNAKAN KAKI KEYBOARD ANDA

bahaya menggunakan kaki keyboard

Sebelum kita membicarakan mengenai itu, kita harus mengenal istilah orang yang dapat mengetik 'buta' dan orang yang tidak. Orang yang mengetik 'buta' adalah orang yang dapat mengetik tanpa perlu melihat huruf yang ada di keyboard.

Keuntungan untuk orang yang tidak dapat mengetik 'buta' adalah mereka dapat melihat huruf-huruf di keyboard itu lebih mudah. Karena ini biasanya menunjuk ke orang yang tidak terbiasa menggunakan keyboard dan masih mengetik dengan perlahan dan tangan melayang di atas keyboard, maka tidak ada masalah bagi mereka.

Tapi hal ini berbeda untuk orang yang dapat mengetik 'buta', mereka biasanya menempelkan pergelangan tangan mereka selagi mengetik. Bahkan penelitian membuktikan bahwa jika kaki keyboard tersebut diberdirikan terlalu tegak, maka justru akan menimbulkan resiko ke pergelangan tangan Anda yang dikenal dengan nama "Gangguan Muskuloskeletal".

gangguan muskuloskeletal
Gangguan Muskuloskeletal adalah gangguan atau penyakit yang mempengaruhi otot, sendi, tendon, ligamen atau saraf yang juga akan mempengaruhi fungsi dan efektivitas sistem tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda adalah orag yang dapat mengetik 'buta', maka lebih baik kaki keyboard Anda tidak digunakan atau tidak diberdirikan. Karena seperti yang telah dikatakan sebelumnya, tujuan sebenarnya dari kaki keyboard adalah agar penggunanya dapat melihat huruf-huruf yang ada di keyboard tersebut lebih jelas.

TIPS JIKA MASIH INGIN MENGGUNAKAN KAKI KEYBOARD

Jika Anda masih ingin menggunakan kaki keyboard Anda, maka ada beberapa tips untuk menghindari terjadinya Gangguan Muskuloskeletal.

Buat Posisi Anda Lebih Tinggi

posisi mengetik ideal

Anda mungkin memberdirikan kaki keyboard Anda karena Anda tidak nyaman dengan posisi mengetik yang terlalu rendah. Daripada memberdirikan kaki keyboard Anda, alternatifnya adalah membuat posisi Anda lebih tinggi daripada sebelumnya. Hal ini akan membuat posisi mengetik Anda lebih baik dan Anda mungkin tidak perlu memberdirikan kaki keyboard Anda. Selain itu, kemungkin posisi pergelangan tangan Anda akan lebih baik juga.

Pastikan Sudutnya Tidak Melebihi 15 Derajat

jangan memakai kaki keyboard

Jika Anda masih bersikeras ingin memberdirikan kaki keyboard Anda, tentu tidak ada yang melarangnya, tapi pastikan bahwa sudutnya tidak melebihi 15 derajat. Tentunya tidak perlu sampai tepat 15 derajat, cukup lakukan perkiraan dan jangan memberdirikannya tinggi-tinggi.

Buat Tangan Anda Melayang di Atas Keyboard

posisi mengetik salah

Salah satu tips lainnya adalah membuat tangan Anda melayang di atas keyboard dan tidak menempel dengan dudukan si keyboard atau meja. Hal ini jauh lebih baik daripada tangan Anda menempel dan memperkecil kemungkinan terjadinya Gangguan Muskuloskeletal.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Marlique Proudly powered by Evobig Blogger