Breaking News :

Inilah Tanda Anda Termasuk Tipe Overprotektif Pada Anak

orang tua overprotektif

Semua orang tua pasti ingin melindungi putra putrinya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tanpa disadari, banyak juga orang tua yang cenderung overprotektif pada anaknya. Padahal, hal ini cenderung memberi efek negatif pada anak.

Anak-anak bisa merasa bahwa dunia bukanlah tempat yang aman bagi mereka untuk bersosialisasi dengan orang lain. Atau anak bisa saja mengalami masalah perilaku atau emosional seperti cemas dan takut. Bahkan, saat dewasa, mereka cenderung tidak percaya diri dan tidak mandiri.

Sebaliknya, pengasuhan yang tidak terlalu overprotektif justru bisa membuat anak-anak siap menghadapi tantangan yang akan ia hadapai nanti. Mereka pun jadi lebih berani, kompeten, dan percaya diri ketika mengambil suatu keputusan. Nah ini dia beberapa tanda orang tua yang overprotektif terhadap putra dan putrinya:

1. Selalu mengawasi anak
Orang tua yang overprotektif akan selalu mengawasi anaknya. Hal seperti ini akan membuat anak merasa cemas. Anak yang selalu dilindungi akan mengambil kesimpulan bahwa dunia tidak aman hingga ia tidak akan berani mengambil kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya.

2. Anak merasa depresi
Orang tua yang terlalu protektif bisa mematahkan semangat anak untuk bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan seperti teman sebayanya. Hal ini bisa membuat anak depresi. Selain itu, penyebab depresi yang dirasakan bisa berasal dari rasa tidak aman yang tercipta dalam pikiran si anak karena orang tua terlalu menjaganya.

3. Anak cenderung tidak Pede
Orang tua yang overprotektif tidak akan membiarkan anaknya menghadapi sebuah masalah. Semua solusi cenderung dilakukan orang tua. Sehingga, anak tidak bisa bebas mengekspresikan pikiran dan perasaannya. Hal ini bisa mengakibatkan anak tidak pede akan kemampuannya ketika menghadapi masalah yang ia temui di lingkungan sekitar.

4. Anak merasa harga dirinya rendah
Anak-anak tidak akan dibiarkan orang tuanya untuk menghadapi tantangan yang bisa mengembangkan kemampuan mereka. Dengan begini, anak-anak merasa bahwa dirinya tidak bisa sama dengan teman-teman sebayanya.

5. Anak tidak bahagia di rumah
Berbagai tekanan dari orang tua membuat anak stres dan tidak bebas berekspresi. Hal ini membuat mereka cenderung tidak bahagia di rumah dan pertumbuhannya pun bisa terganggu. Ketika terjun ke dunia nyata, bisa dipastikan mereka tidak akan siap.

Oleh karena itu, sebaiknya orang tua tidak terlalu protektif pada anaknya. Pengawasan memang harus dilakukan tapi bukan berarti mengekang kebebasan anak untuk tumbuh, berkesperimen, berkespresi, dan mengembangkan kemampuannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Marlique Proudly powered by Evobig Blogger